Wednesday 31 December 2014

Yang Perlu Diketahui Tentang Garam Rumput Laut

Biasanya kita mengetahui untuk memantapkan rasa suatu masakan dapat dilakukan dengan penambahan garam. Namun penggunaan garam harus dibatasi karena konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan resiko hipertensi, stroke dan serangan jantung.


Guna meminimalisir resiko tersebut, Anda perlu mengganti garam dapur yang biasa kita konsumsi dengan garam yang berasal dari rumput laut. Proses pembuatan garam tersebut melalui beberapa tahapan sampai terbentuknya butiran garam yang berasal dari rumput laut.

Salah satu nilai lebih garam dari rumput laut yang tidak dapat dipungkiri yakni rendahnya natrium pada garam dapat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Natrium garam dari rumput laut 3,5 % lebih rendah jika dibandingkan dengan garam dapur biasa yang memiliki kadar natrium mencapai 40%. Namun asumsi tersebut berlaku jika kondisi lingkungan ekosistem laut kita masih terjaga.

Dikutip dari Liputan 6, ekosistem laut yang terjaga jika kita padukan dengan perkembangan zaman terdapat gap yang begitu mencolok. Begitu banyak limbah yang dibuang ke laut seperti limbah industri perusahaan dan tailing atau limbah utama dari pembuangan industri perusahaan yang merupakan hasil pemisahan logam berat.

Semua limbah tersebut pada akhirnya bermuara ke laut, jika laut sudah tercemar dengan logam berat atau kontaminan yang berbahaya secara tidak langsung tumbuhan yang hidup di dalam laut juga akan terkontaminasi. Logam berat atau kontaminan yang ada di dalam air laut, selanjutnya dengan adanya proses biomagnifikasi di lautan menyebabkan kadar kontaminan yang masuk akan terus meningkat. Sehingga nantinya akan berasosiasi dengan sistem rantai makanan, masuk ke tubuh biota perairan, dan akhirnya ke tubuh manusia yang mengkonsumsinya sehingga dapat menjadi racun pada tubuh manusia jika dalam jumlah yang tinggi.

Jadi, kita tidak mengetahui secara pasti rumput laut yang kita konsumsi berasal dari laut mana, tingkat pencemaran laut tersebut bagaimana, kita juga tidak mungkin melakukan pengujian terhadap bahan makanan yang akan kita konsumsi setiap saat bukan berarti juga kita harus paranoid terhadap semua yang berasal dalam laut. Namun pola konsumsinya jangan berlebihan, karena segala hal yang berlebihan akan memberikan efek tidak baik bagi tubuh.

Langkah amannya yakni memastikan semua bahan makanan yang kita pilih sudah terdaftar dan memiliki ijin edar resmi dari BPOM.

No comments:

Post a Comment